Sabtu, 07 Agustus 2010

Puasa, senangnya!

Ramadhan tinggal menghitung hari nih. Saatnya kita mempersiapkan diri baik fisik maupun ruhani. Kalau persiapan ruhani tentu kita sudah sering mendapatkannya di majlis-majlis kajian Islam. Apalagi menjelang Ramadhan ini. Dan lebih semarak lagi saat Ramadhan benar-benar menghampiri.
So, disini akan dipaparkan beberapa tips menjaga kesehatan fisik kita saat menjalani puasa di bulan yang sering kita sebut penuh barokah ini. kenapa? Karena, setelah setahun kita nggak menjalani aktifitas puasa ini kita akan merasa kaget alias tubuh kita nggak siap menjalani puasa. Kecuali jika kita selama berpisah dengan Ramadhan kemarin membiasakan berpuasa senin-kamis atau puasa daud. Tentu kita nggak merasa kaget. Tapi gimana pun juga, meski kita udah terbiasa berpuasa senin-kamis atau daud, kita mesti tahu tips-tips menjaga kebugaran tubuh saat puasa menurut pendapat beberapa pakar kesehatan agar puasa yang kita jalani menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Ok! Nah, biasanya yang nggak luput dari pembahasan kita di bulan puasa adalah makanan. Makanan yang kita santap saat sahur atau berbuka biasanya melenakan kita dari memperhatikan baik-buruknya bagi kesehatan. So, kita perlu ingat hal-hal seputar makanan yang akan kita konsumsi saat sahur maupun berbuka di bawah ini.
Usahakan untuk menyantap hidangan sahur dengan gizi yang seimbang. Jangan sampai nggak sahur Cuma karena malas atau ngantuk banget, atau sahur tapi asal makan saja. Karena, tubuh kita akan banyak kekurangn asupan gizi selama puasa sedangkan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas adalah sama.
Menu sahur juga sebaiknya yang mudah dicerna dan TKTP (tinggi kalori, tinggi protein). Makanan ini diperkirakan akan bertahan selama 12 jam. Sedangkan sisa 2 jam akan didapat dari cadangan gula yang disimpan di hati, lemak dan otot.
Menu sahur sebaiknya yang berserat seperti sayur dan buah, karena tubuh kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang berserat. So, kita nggak mudah lemas dan lapar. Dan makanan berserat juga membantu proses metabolisme tubuh.
Hindari makanan yang mengandung lemak yang jahat seperti gorengan atau mengandung kolesterol & kadar gula yang terlalu tinggi. Kadar gula yang terlalu tinggi bisa menghambat tubuh mengeluarkan racun lho!
Vitamin yang sangat perlu kita perhatikan ialah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau kamu udah mengkonsumsi buah yang warnanya kuning atau merah, atau sayur yang warnanya hijau tua, kacang-kacangan, nggak usah khawatir kekurangan vitamin tersebut. Hehehe.
Minuman yang paling baik saat berbuka adalah yang hangat. Jangan mentang-mentang haus setengah mati kita langsung minum minuman dingin seperti es campur, es cendol, es teh atau es te dua belas, hehehe. Jika kita langsung minum dingin saat berbuka, kemungkinan besar metabolisme kita bakal kacau. Hayo!
Berbuka puasa secara bertahap. Jangan terburu-buru melahap semua makanan karena lambung kita bakal kaget dan sulit untuk menjalankan tugasnya (mencerna makanan). Selain itu, hakikat puasa kan mengontrol diri dari nafsu. Iya kan?!
Jika memungkinkan, coba deh kita olahraga menjelang berbuka. Coz, dengan olahraga tubuh kita bakal lebih fit menghadapi puasa sebulan penuh.
Mungkin itu tips-tips yang bisa saya sampaikan. Sebelum dan sesudahnya, kurang dan lebihnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan tak lupa saya ucapkan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, bulan penuh berkah (ciee kayak iklan aja..!). oh ya, maaf lahir batin ya..! semoga ketemu lagi setelah Ramadhan di bulan Syawal...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers