Sabtu, 07 Agustus 2010

Hikmah Di balik Buah yang selalu mengiringi bulan Ramadhan

Tahukah Sobat…!!!
Bahwa dalam setiap bulan Ramadhan,sering kali diikuti kemunculan buah ini. Buah yang kering berbentuk kecoklatan ini adalah salah satu makanan favorit di bulan Ramadhan, karena disamping rasanya manis juga banyak mengandung khasiat berguna bagi kesehatan, selain bagi sebagian kaum muslimin buah ini adalah identik dengan buah yang sering di makan Rasulullah.
Bahkan sudah banyak pakar ahli kesehatan membahas masalah ini karena khasiat buah yang manjur untuk mengurangi penyakit jantung. Buah yang dimaksud adalah buah kurma. Kurma (Phoenix dactylifera) adalah sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di Timur Tengah dan Afrika Utara karena buahnya dapat dimakan. Karena sejarah pembudidayaannya untuk diambil buahnya sudah lama sekali, asal-usulnya yang pasti tidak lagi diketahui, namun kemungkinan besar pohon ini berasal di oasis padang pasir di Afrika utara, dan barangkali juga di Asia barat daya. Pohonnya berukuran sedang, tingginya sekitar 15-25 meter, seringkali tumbuh bergerombol dengan beberapa batang pohon yang muncul dari satu akar yang sama, namun juga tumbuh sendiri-sendiri. Kandungan kalorinya yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh memang cocok kalau dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, ada khasiat yang lebih istimewa: kurma bisa menurunkan resiko serangan stroke berkat tingginya kalium yang dikandungnya.
Buah-buahan dikenal sebagai sumber utama vitamin, terutama vitamin C dan mineral. Sudah begitu, kandungan energi atau kalorinya pun rendah, sebab lemak yang dikandungnya juga rendah.
Kandungan lemak pada kurma juga bisa diabaikan. Namun, karbohidratnya yang tinggi membuat buah ini bisa menyediakan energi yang tinggi pula. Malah paling tinggi diantara keluarga besar buah-buahan. Keunggulan lainnya, kurma mengandung zat gizi penting bagi fungsi tubuh, terutama jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium. Fungsi mineral ini membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membantu mengatur tekanan darah.
Itulah sebabnya kurma menjadi istimewa. Apalagi, beberapa penelitian membuktikan, makanan tinggi kalium bisa menurunkan risiko serangan stroke.
So… selama bulan Ramadhan sebaiknya kita mongkonsumsi kurma mengingat banyak hikmah dan khasiatnya bagi tubuh kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers